Facebook Sempat Down 3 Jam Akibat Ulah Anonymous

Facebook Sempat Down 3 Jam Akibat Ulah Anonymous | Facebook sempat ‘pingsan’ hampir selama tiga jam pada pukul 08.00 PM hingga 11.00 PM waktu setempat (Amerika Serikat). Kabar yang beredar, gangguan ini diakibatkan oleh ulah kelompok peretas Anonymous.

Daily Mail menuliskan, Facebook mengalami respon yang sangat lambat dan beberapa pengguna dikabarkan kesulitan tatkala login ke situs tersebut.

Selain pengguna di Amerika Serikat dan Singapura, respon lambat Facebook juga dirasakan pengguna di Australia, Mesir, Inggris, Kanada, Finlandia, Denmark, Jerman, Yunani, Italia, Dan Belanda.

Pada pukul 10.00 PM, tagar #RIPFacebook mulai menghiasi linimasa. Salah satu akun Twitter yang mengaku sebagai Anonymous, @YourAnonNews, men-tweet jika Facebook sedang mengalami masalah serupa dengan IPO mereka.


Looks like good old FaceBook is having packet problems… #FuckFaceBook | #OpFaceBook | #FuckYourIPO
@YourAnonNews
Anonymous


Facebook sendiri sangat jarang mengalami ancama peretasan seperti ini. Ada dua dugaan jika down-nya situs Facebook hanya karena masalah teknis semata dan bukan akibat peretasan.

Akun @YourAnonNews sendiri bersukacita atas pemadaman Facebook selama tiga jam tersebut. Menurut mereka, peristiwa ini seperti ‘tarian tango’.


Oh yeah… RIP Facebook a new sound of tango down bitches.
@YourAnonNews
Anonymous


Kelompok peretas Anonymous sendiri dikenal sebagai hacktivist yang sering meretas beberapa situs terkemuka di internet.

Tak hanya situs swasta, Anonymous kerap meretas situs pemerintah. Situs Kepolisian dan NASA bahkan pernah diobok-obok situsnya oleh Anonymous.

Saat ini, akses Facebook di beberapa wilayah tersebut telah normal seperti sedia kala. Entah ini disengaja atau tidak, ‘pingsannya’ Facebook senada dengan anjloknya saham mereka di perdagangan.

Saham Facebook melorot hingga USD 29,60 per lembarnya. Harga ini sangat jauh dibawah IPO yang mulanya dibuka USD 38 per lembarnya.

Artikel Terkait


Category Article

What's on Your Mind...