strategic management task - International Expansion


Question : what five modes of international expansion are available, and what is the normal sequence of their use ?
Jawab :
Cara Memasuki Ekspansi Internasional
Suatu perusahaan yang bermaksud melakukan ekspansi usahanya ke luar negeri dapat menempuh 5 metode sebagai berikut.
  1. Ekspor
Banyak perusahaan industri mengawali ekspansi internasionalnya dengan mengekspor barang dan jasa mereka ke negara lain. Mengekspor merupakan bentuk pengoperasian secara internasional yang paling tradisional dan sudah sering diiaksanakan. Sebuah perusahaan mungkin terlibat dalam mengekspor secara langsung, artinya penjualan antara perusahaan tersebut dan distributor atau pelanggan negara kedua yang berfungsi sebagai pengimpor. Sebuah perusahaan dikatakan melakukan ekspor secara tidak langsung kalau penjualan iewat perantara yang berada di negaranya sendiri.
  1. Lisensi
Lisensi merupakan cara memasuki ekspansi internasional yang mengeluarkan biaya paling sedikit. Perjanjian lisensi memungkinkan perusahaan asing membeli hak memproduksi dan menjual produk perusahaan di negara tuan rumah atau berapa negara. Pemilik hak biasanya mendapat royalti untuk setiap unit produk yang diproduksi dan dijual. Penerima hak menanamkan modal dalam pendirian fasilitas produksi dan pemasaran serta pendistribusian produk atau jasa. Hasilnya, lisensi mungkin merupakan bentuk termurah dari ekspansi internasional.
  1. Aliansi Strategis
Aliansi strategis menjadi populer dalam beberapa tahun terakhir sebagai cara utama ekspansi internasional. Aliansi strategis memungkinkan perusahaan menyebarkan resiko dan sumber daya yang dibutuhkan untuk memasuki pasar internasional. Selain itu kebanyakan aliansi strategis dilakukan dengan negara tuan rumah yang memiliki pengetahuan mengenai keadaan persaingan, norma hukum dan sosial serta pengetahuan tentang keunikan budaya yang akan membantu perusahaan memproduksi dan memasarkan produk bersaing. Disamping itu, perusahaan tuan rumah mungkin memperoleh akses terhadap teknologi dan daya tarik produk baru. Jadi setiap mitra aliansi membawa masing-masing pengetahuan dan/atau sumber daya ke dalam kerjasama.
  1. Akuisisi
Dengan semakin meluasnya perdagangan bebas di pasar global, akuisisi lintas perbatasan telah semakin penting peranannya. Akuisisi secara khusus semakin populer di Eropa, akuisisi digunakan perusahaan-perusahaan Eropa untuk membangun kekuatan pasar mereka dan memperluas jangkauan merek di seluruh Uni Eropa. Perusahaan perusahaan asing menggunakan akuisisi untuk memasuki pasar Uni Eropa dan mendapatkan kedudukan dalam perdagangan.

Keuntungan akuisisi diantaranya adalah :
- akuisisi dapat menyediakan akses cepat ke sebuah pasar yang baru
- akuisisi dapat memberikan jalan untuk ekspansi internasional
sedangkan kelemahan dari akuisisi adalah :
- pendanaan yang mahal sehingga seringkali diperlukan pendanaan melalui utang
- negosiasi internasional untuk akuisis dapat menjadi kompleks karena dihadapkan pada syarat-syarat hukum dan perundang- undangan di negara tuan rumah dan perusahaan sasaran dan mendapatkan informasi yang tepat untuk menegosiasikan perjanjian
  1. Pendirian Cabang Baru yangDimiliki Sendiri
Memasuki pasar internasional dengan cara mendirikan cabang baru yang dimiliki sering disebut sebagai greenfield venture. Memiliki perusahaan sendiri memerlukan komitmen modal dan usaha manajerial paling besar serta menawarkan cara paling penuh untuk partisipasi dalam sebuah pasar. Perusahaan dapat bergerak dari strategi pemberian lisensi atau usaha patungan sampai kepemilikan agar dapat mencapai perluasan yang lebih cepat disebuah pasar, pengendalian yang lebih besar atau laba yang lebih tinggi.
Urutan normal penggunaannya :
Pilihan cara memasuki pasar internasional akan ditentukan oleh beberapa faktor. Namun, mengawali ekspansi internasional sering dilakukan melalui cara ekspor karena cara ini tidak membutuhkan keahlian pabrikasi di luar negeri dan penanaman modal hanya dalam distribusi. Lisensi dapan juga mendukung perbaikan produk yang diperlukan untuk memasuki pasar internasional. Selain itu, lisensi dapat memudahkan ekspansi pasar langsung. Aliansi strategis populer karena cara ini memungkinkan kemitraan dengan perusahaan yang telah berpengalaman dalam pasar sasaran. Aliansi strategis juga mengurangi resiko melalui penyebaran biaya. Karena itu, cara ini adalah yang terbaik untuk mengawali taktik pengembangan pasar.
                Untuk menjamin kehadiran yang kokoh, akuisisi dan greenfield venture mungkin dibutuhkan. Akuisisi dan greenfield venture biasanya dilakukan pada tahap lanjutan dalam pengembangan strategi diversifikasi internasional.

Artikel Terkait

What's on Your Mind...