10 Fakta Menarik Tentang Bumi



[imagetag]



Tempat tinggal kita (bumi), dipenuhi degan fakta-fakta menarik yang tidak pernah membosankan untuk dibicarakan. Keseluruhan fakta ini mengarah kepada komposisi yang sangat mendukung kehidupan di bumi dapat berlangsung. Maka benarlah yang Allah katakan di dalam Al Quran, tidak ada ciptaanNya yang sia-sia, semua yang ia ciptakan adalah untuk mendukung kehidupan kita, yaitu manusia.



Seperti yang kita kenal dari keadaan planet kita, ternyata masih ada hal-hal yang baru ditemukan setiap hari. Bahkan, dari sebagian besar lautan, masih belum pernah dieksplorasi sama sekali. Hal tersebut disebabkan keterbatasan kita sebagai manusia, keberadaan teknologi yang belum ada, sehingga ada batasan kedalaman laut yang dapat kita jelajahi. Namun dengan penelitian yang berkelanjutan, setiap hari kita mendapatkan ratusan spesies baru.



Hutan hujan mempersembahkan hewan dan tanaman baru setiap manusia melakukan penjelajahan. Bumi terus berubah, bergeser, dan mengekspos rahasia baru bagi manusia untuk mengagumi. Butuh waktu bertahun-tahun dan banyak sekali pemikiran besar untuk memecahkan masalah atmosfer bumi apalagi luar angkasa. Semua usaha, setiap saat, selalu memberikan fakta baru.



Dalam kesempatan kali ini, saya mengumpulkan sepuluh fakta menakjubkan tentang rumah kita ini, mungkin sebagian dari kita tidak/belum menyadari. 



1. Atmosfir Bumi





Bumi memiliki banyak lapisan mantel atmosfer, seperti; mesosfer, ionosfer, eksosfer, dan termosfer. Tapi lapisan troposfer, yang paling dekat dengan bumi, yang mendukung kehidupan kita, ternyata hanya memiliki lapisan paling tipis, yaitu sekitar 16 km saja.



2. Gurun Pasir





Percaya atau tidak, sebagian besar gurun di bumi tidak seluruhnya terdiri atas pasir. Sekitar 85% isi gurun adalah batu dan kerikil. Gurun terluas di bumi, Sahara, mengisi sekitar 1/3 dari Afrika (dan terus berkembang) dapat mengisi permukaan yang hampir seluas benua Amerika Serikat.



3. Bumi tidak bulat..??





Faktanya, bumi ternyata tidak benar-benar bulat. Hal ini disebut oblate bulat arti itu agak pipih pada bagian atas dan bawahnya.



4. Lautan garam





Jika Kawan bisa menguap seluruh air dari semua lautan dan menyebarkan garam yang dihasilkan meliputi seluruh tanah di Bumi, maka Kawan akan membuat lapisan garam setinggi 150 meter.



5. Danau atau laut..??





Terdapat laut di dalam pulau yang sejatinya disebut Danau, namun danau tersebut amat luas, yaitu Laut Kaspia yang berada di perbatasan Iran dan Rusia  



6. Pegunungan





Gunung Andes di Amerika Selatan merupakan pegunungan terpanjang di dunia, yaitu kisaran panjang 7.282 kilo meter. Sedangkan pegunungan terpanjang kedua: The Rockies, Ketiga: Himalaya; Keempat: The Great Dividing Range di Australia, Kelima: pegunungan Trans di Antartika. Sebagai catatan, untuk setiap 980 kaki atau 300 meter kita naik gunung, suhu akan turun 3-1/2 derajat. 



7. Danau dalam





Danau terdalam di dunia ada di daerah bekas atau pecahan Uni Soviet yaitu Danau Baikal. Danau ini memiliki panjang 644 km, lebar sekitar 48 km. Kedalamannya tercatat lebih dari 1600 meter. Kedalaman ini cukup untuk mengosongkan air dari lima danau terbesar di amerika The Great Lakes



8. Gempa Bumi





Apabila gempa bumi terjadi, kerusakan parah dapat terjadi bahkan hingga mematikan. Namun tahukah kawan, setiap tahun sebenarnya terjadi tidak kurang dari 1 juta kali gempa bumi, hanya saja sebagian besarnya tidak tercatat.



9. Terpanas di bumi





Kebanyakan orang percaya bahwa Death Valley di California Amerika Serikat adalah tempat terpanas di bumi. Tetapi suhu terpanas yang pernah tercatat ternyata di Azizia Libya, suhu pernah tercatat hingga 136 derajat Fahrenheit (57,8 derajat celcius) pada 13 september 1922. Sedang di Death Valley, suhu tertinggi yang pernah tercatat hingga 134 Fahrenheit (56,6 derajat celcius) pada 10 Juli 1913.



10.  Debu dalam angin





Ahli dari Biro Geologi Amerika Serikat menyatakan bahwa sekitar 1.000 ton debu terkandung dalam angin jatuh menghujani permukaan bumi setiap tahunnya.



Nah kawan, 10 fakta diatas merupakan sebagian dari seluruh fakta yang terjadi di bumi. Namun sejatinya fakta-fakta tersebut masih terus bertambah seiring dengan kemajuan penelitian yang dicapai manusia.



Semoga menambah pengetahuan kita semua. Namun bila ada yang ingin kawan menambahkan, tulislah disini. Sekalian kita sharing pengetahuan. Mantab kan?



 Sumber

#ad2fcb


Artikel Terkait

What's on Your Mind...