5 Cara Membuat Pengharum Ruangan Alami dari Tanaman Herbal



[imagetag]




Pengharum ruangan efektif membuat suasana rumah terasa nyaman dan tenang. Tapi pengharum ruangan sintetis yang banyak dijual di pasaran penuh dengan bahan-bahan kimia yang jika dihirup terus menerus bisa menyebabkan alergi bahkan keracunan.



Sebagai alternatif, Anda bisa membuat pengharum ruangan sendiri dari tanaman herbal atau bunga kering. Bagaimana caranya? Intip tipsnya, seperti dikutip dari Care 2.



1. Didihkan



Rempah-rempah beraroma harum seperti batang kayu manis, cengkeh, vanilla atau rosemary bisa direbus di dalam pot atau kendi dari tanah liat. Saat direbus, akan menghasilkan uap dengan aroma yang hangat dan spicy. Ingin wewangian yang lebih segar? Tambahkan beberapa potong buah jeruk atau lemon.



2. Tanam



Tanaman aromatik seperti melati, honeysuckle dan mawar bisa ditanam di dalam rumah dan menghasilkan wangi yang cukup intens. Tanaman herbal seperti rosemary dan mint juga mudah tumbuh di dalam ruangan meskipun keharumannya tak sekuat bunga-bungaan.



3. Potpourri



Anda bisa menciptakan pengharum ruangan alami dengan membuat potpourri. Selain praktis, cara ini juga cepat menimbulkan bau harum. Potpourri merupakan mangkuk yang berisi berbagai macam bunga-bungaan dan herbal kering. Campuran wewangian bisa berupa bunga mawar, lavender, chamomile, peppermint, batang kayu manis dan rosemary. Anda juga bisa menambahkan wangi buah seperti lemon kering atau kulit jeruk. Pastikan semua bahan benar-benar sudah dikeringkan sebelum mencampurnya. Tempatkan potpourri di meja ruang tamu, sudut ruangan atau tempat strategis lainnya.



4. Sachet



Buatlah sachet pengharum ruangan sendiri. Gunakan kantung kecil dari kain dan isi dengan herbal serta bunga kering. Bunga lavender, daun sage dan spearmint cocok untuk menyegarkan ruangan. Sachet bisa diletakkan di mesin pengering untuk membuat cucian Anda lebih wangi. Bisa juga ditempatkan pada laci meja/lemari, kotak penyimpan barang, lemari pakaian atau digantung dekat gorden. Beberapa jenis bunga seperti lavender, selain mengharumkan ruangan juga berfungsi sebagai pengusir hama dan ngengat.



5. Bubuk Karpet



Kotoran pada karpet bisa menimbulkan bau tak sedap di dalam rumah. Tapi Anda juga tidak sempat jika harus membersihkannya setiap hari. Cara paling praktis untuk mengusir bau tak menyenangkan adalah dengan bubuk wangi. Campurkan enam bagian baking soda, tiga bagian lavender kering dan satu bagian tepung maizena ke dalam toples. Diamkan campuran itu selama beberapa hari. Setelah itu taburkan bubuk ke atas karpet, diamkan selama satu jam. Kemudian bersihkan dengan vacuum cleaner.



#ad2fcb


Artikel Terkait

What's on Your Mind...