Badai di AS, Mengapa Bernama Sandy?



Artikel Zamrud Hijau - Badai yang melanda wilayah Florida, Mississipi, dan Alabama, Amerika Serikat, pada 2005 dinamai badai Katrina, sementara badai yang menghantam wilayah pantai timur AS, seperti New York, dinamai Sandy. Nama badai selalu bagus, enak didengar, dan mudah diingat.

Bagaimana badai-badai tersebut dinamai? Adakah aturannya? Atau asal saja?

Penamaan badai punya sejarah panjang. Ivan R Tannehill, letnan di militer AS yang kemudian menjadi ilmuwan cuaca dalam bukunya Hurricane, mengungkapkan bahwa penamaan badai berawal dari tradisi masyarakat di sekitar Karibia.

Pada awalnya, badai dinamai berdasarkan nama santa dalam agama Katolik. Contohnya, badai yang melanda Puerto Rico pada 26 Juli 1825 dinamai badai Santa Ana, sementara badai yang melanda wilayah yang sama pada 1876 dinamai badai San Felipe.

Dalam penamaan tersebut, satu badai dengan badai yang lain bisa memiliki nama yang sama. Badai yang melanda Puerto Rico pada 1876 dinamai San Felipe I, sementara yang melanda wilayah sama pada 1928 dinamai San Felipe II.

Selanjutnya, sistem penamaan berubah. Setiap wilayah pembentukan badai memiliki sistem penamaan berbeda.

Di AS, penamaan pernah dilakukan berdasarkan koordinat tempat badai terbentuk. Namun, sistem itu akhirnya juga diubah sebab sulit diingat dan sulit dikomunikasikan. Ada banyak potensi kesalahan saat menyebut sebuah badai.

Pada tahun 1953, penamaan badai di Pasifik mulai didasarkan pada nama-nama perempuan. Sistem ini kemudian diadopsi oleh National Hurricane Center (NHC) di AS untuk memberi nama badai yang terbentuk di wilayah Atlantik.

Nama yang diambil untuk badai diurutkan sesuai alfabet setiap tahunnya, kecuali yang berawalan Q, U, X, Y dan Z. Sejumlah 21 nama disiapkan setiap tahun. Bila ada lebih dari 21 badai, penamaan selanjutnya didasarkan pada aksara Yunani, Alpha, Beta, dan seterusnya.

Sejumlah nama badai untuk wilayah Atlantik disusun NHC untuk jangka waktu 6 tahun. Jadi, dalam waktu 7 tahun, akan ada nama badai yang berulang. Nama badai takkan diulang jika badai mengakibatkan dampak bencana sangat buruk. Misalnya, nama badai Katrina takkan diulang.

Lalu, mengapa badai kali ini dinamai Sandy?

Untuk tahun 2012, sejumlah nama telah dipakai untuk badai sebelumnya, seperti Alberto, Beryl, dan Chris. Badai Sandy merupakan badai ke-18 yang terjadi tahun 2012. Nama Sandy yang diambil sesuai dengan yang telah disusun.

Hurikan seperti Sandy pada dasarnya merupakan fenomena siklon tropis. Fenomena ini terjadi akibat adanya faktor suhu yang hangat di permukaan laut, kelembaban udara, serta angin akibat rotasi Bumi.

Siklon tropis memiliki istilah sendiri berdasarkan tempat terbentuknya serta kekuatannya. Di Samudera Hindia, siklon tropis disebut sebagai siklon tropis saja. Hurikan merujuk pada siklon tropis yang terbentuk di Atlantik, sementara Taifun di Samudera Pasifik Barat Daya.

Bukan hanya NHC yang berhak menamai siklon tropis. Tropical Cyclone Warning Center (TCWC) di Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) juga punya hak menamai siklon tropis. TCWC BMKG bertugas menamai siklon tropis yang terbentuk di 0-10 derajat LS dan 90-125 derajat BT.

TCWC BMKG menyiapkan nama-nama bunga sebagai nama siklon, seperti Flamboyan, Anggrek, dan Cempaka. Daftar lain juga memuat nama buah untuk nama siklon, seperti Anggur, Belimbing, dan Duku.

Siklon tropis pertama yang dinamai dengan daftar nama TCWC BMKG adalah siklon tropis Anggrek. Berdasarkan BOM Australia, siklon tropis itu terbentuk 28 Oktober 2010, mencapai siklon kategori 2 pada 1 November 2010 dan punah pada 4 November 2010.

sumber

Artikel Terkait


Category Article

What's on Your Mind...