Basher Othman, Walikota Tercantik dan Termuda di Dunia (15 Tahun)


Artikel Zamrud Hijau | Walikota Tercantik dan Termuda Di Dunia (15 Tahun) - Basher Othman Walikota Termuda di Dunia .benarkah rumor itu ? siapa sih Basher Othman ? berapa lama Basher Othman menjadi walikota ? kog bisa sih dia jadi walikota? pasti semua pertanyaan itu yang selalu terbesit dibenak anda selama ini ,namun anda jangan risau karna disini saya akan menguaknya secara gamblang langsung saja simak penejalsan dibawah ini

Basher Othman, remaja wanita berusia 15 tahun yang masih duduk dikelas 1 SMA ini menghebohkan dunia dengan menjadi Seorang Walikota di kota Allar, Tulkarm, Tepi Barat, PALESTINA dengan usia yang masih sangat muda 16 tahun. Dia dinobatkan menjadi Walikota termuda di dunia.
Basher Othman,Walikota Termuda di Dunia,Palestina


Bashaer diberi kesempatan memimpin Kota Allar selama dua bulan terhitung 2 juli 2012 (diperpanjang setelah diberi kesempatan 1 minggu percobaan), di bawah bimbingan Sufian Shadid, Wali Kota Allar sebenarnya, setelah ia terpilih dalam program pemberdayaan kaum muda Pemerintah Palestina.

Tentu unik sebuah kota dipimpin oleh perempuan yang masih berusia di bawah 17 tahun. Terlebih lagi, Bashaer harus memikul sejumlah tanggung jawab berat mengatasi semua hal terkait Kota Allar, termasuk mengawasi karyawan dan menandatangani semua dokumen resmi, kecuali dokumen keuangan.


Proyek tersebut telah berjalan di seluruh wilayah Palestina. Namun Bashaer merupakan orang pertama yang mengambil peran berprofil tinggi semacam itu. Shadid mendukung penuh langkah tersebut dan menjadi mentor Bashaer selama menduduki jabatan itu.

Remaja itu mengatakan, dia ‘buta’ tentang pekerjaan walikota pada awalnya. Namun dengan bantuan dan kerjasama para anggota dewan kota yang beranggota 11 orang (enam dari partai Fatah yang berkuasa dan lima dari gerakan Islam Hamas yang menguasai Jalur Gaza) dan walikota, dia cepat belajar. Setiap pagi ia masuk kantor pukul 08.00, menghadapi banyak file, menandatangani surat-surat, dan bertemu dengan anggota dewan.


Ia menegaskan, jabatannya bukan formalitas. Ia punya kewenangan penuh sebagai walikota walau ada pembatasan teknis bank terkait penggunaan anggaran. Ia hanya diizinkan untuk menandatangani pengeluaran hingga mencapai jumlah 300 shekel (75 dollar AS). Di atas jumlah itu, berdasaran aturan bank, yang harus membubuhkan tanda tangan adalah Shadid.

Bashaer mengaku jadi jatuh cinta dengan pekerjaan itu dan dia bercita-cita bekerja di bidang politik nantinya.

Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Fariz N Mehdawi, mengatakan proyek itu merupakan sebuah latihan untuk membentuk pemuda palestina yang tangguh dan cinta damai. “Anda tahu situasi Palestina. Jika orang tidak dilibatkan dan merasa terpingirkan atau tersingkir, mereka akan mudah menjadi eksrem dan terlibat kekerasan,” kata Mehdawi.

Ia menegaskan, tidak ada istilah terlalu muda untuk menduduki suatu jabatan atau menjalan suatu peran. “Walikota Allar yang sesungguhnya, Sufiyan Shadid, berusia 40 tahun. Jadi masih muda juga. Bashaer 16 tahun. Ia hanya lebih muda. Ini soal membiasakan. Kalau orang biasa membuat keputusan, itu tidak jadi masalah. Maka mereka harus diberi kesempatan, dilatih membuat keputusan,” kata Mehdawi.

sumber

Artikel Terkait


Category Article ,

What's on Your Mind...