Fakta Kehidupan Albert Einsten yang Jarang Diketahui Publik



[imagetag]






Albert Einsten

adalah seorang jenius yang paling dikenal dalam dunia ilmu pengetahuan. Ia paling dikenal dengan teori relativitas. Ia juga pernah memenangkan hadiah nobel berkat penemuannya atas partikel foton. Sampai saat ini, ia masih dianggap sebagai manusia dengan IQ tertinggi di dunia yaitu dengan skor 160 (skor maksimal berdasarkan metode Mensa) bersama Stephen Hawking.



Banyak sisi menarik dalam kehidupannya yang amat jarang diketahui publik hingga saat ini, diantaranya:



1. Tidak pernah memakai kaus kaki



Ini benar-benar suatu fakta konyol. Albert Einstein tidak pernah memakai kaus kaki seumur hidupnya dengan alasan bahwa kaus kaki suatu saat akan berlubang. "Mengapa harus memakai kaus kaki dan sepatu secara bersamaan kalau keduanya akan baik-baik saja?", ujarnya pada suatu waktu. Sungguh orang jenius memang ada benarnya kalau sering disebut sinting.



2. Einstein menolak jabatan Perdana Menteri Israel



Pada 9 November 1952, setelah kematian Chaim Weizman, Presiden Israel yang pertama. Einstein ditawari jabatan Perdana Menteri oleh Pemerintah Israel, tetapi dia menolak tawaran tersebut secara halus. Alasannya, dirinya terlalu tua dan tidak cukup berpengalaman (lebih tepatnya ia tidak merasa kompeten dalam dunia politik). Mengapa Einstein sampai ditawari jabatan sebagai PM Israel? Sebab Einstein merupakan seorang Yahudi yang sangat populer dan amat dihormati di penjuru dunia.



3. Memiliki anak di luar nikah



Menurut penelitian terbaru, Einstein memiliki hubungan intim dengan kekasihnya, Mileva Maric yang berasal dari Serbia pada akhir 1890.





[imagetag]
Mileva Maric (kiri), kekasih yang kemudian menjadi istri Einstein



Sebelum mereka menikah, Maric mendapati dirinya hamil dan mereka memutuskan untuk menyembunyikan anaknya. Einstein dan Maric menikah satu tahun kemudian setelah Einstein mendapat pekerjaan.



4. Einstein dan kulkas



Banyak yang berpikir bahwa Einstein hanyalah seorang ilmuwan teori tapi sesungguhnya ia memiliki banyak pengetahuan dan keahlian dalam hal ilmu pengetahuan praktikal. Menurut beberapa studi, Einstein-lah yang pertama menemukan (sistem kerja) kulkas setelah menulis Teori Relativitas yang terkenal. Sayangnya penemuannya ini tidak pernah masuk ke produksi sehingga tidak pernah ada yang mengenalnya sebagai penemu kulkas.



5. Einstein tidak lulus ujian sekolah



Apabila ada seseorang yang tidak lulus dalam ujian sekolah, maka serta merta kita akan menganggapnya sebagai seorang yang bodoh. Tapi percayakah Anda, bahwa Eisntein termasuk juga dalam golongan tersebut. Einstein tidak lulus ujian masuk sekolah karena gagal dalam pelajaran bahasa dan budaya, namun dia malah dikenal sebagai seorang ilmuwan yang luar biasa jenius dan menjadi salah satu sosok paling terkenal dalam sejarah dunia.



 Sumber

#ad2fcb


Artikel Terkait

What's on Your Mind...