Kakek 100 Tahun Kayuh Sepeda Sejauh 100 Km!



[imagetag]




Usia senja bukanlah halangan untuk menguji ketahanan fisik dengan bersepeda. Hal ini dibuktikan oleh seorang pria asal Perancis bernama Robert Marchand. Pria berusia 100 tahun ini mampu memacu sepedanya secara non stop hingga sejauh 100 kilometer.



Atas pencapaian ini, Marchand pun masuk dalam catatan buku rekor dunia. Ia berhasil menyelesaikan lomba dalam waktu 4 jam 17 menit dan 27 detik untuk mengayuh sepedanya sejauh 100 kilometer atau sebanyak 300 putaran di lintasan velodrom Parc de la Tte d'Or di Lyon, Perancis. Federasi Bersepeda Nasional Perancis juga mengakui rekor tersebut.



"Saya melakukannya sedikit lebih baik dari yang saya harapkan. Meskipun di beberapa kilometer terakhir saya harus berusaha dengan sangat keras," ucap Marchand seperti dikutip oleh Velonation dari kantor berita AFP.



Marchand mulai bersepeda pada tahun 1925 pada usia 14 tahun. Ia kemudian meninggalkan Perancis dan tinggal di Kanada dan Venezuela. Selama pengembaraannya itu ia bekerja sebagai salesman, petugas pemadam kebakaran, tukang kebun, hingga sebagai petinju amatir.



Ia kembali ke Perancis dan mulai lagi bersepeda pada tahun 1978 di usia 67 tahun. Di usia 89 tahun, Marchand bahkan pernah mengayuh sepedanya sejauh 600 kilometer dalam waktu tempuh 36 jam.



Kakek yang akan berusia 101 tahun pada November 2012 mendatang ini juga mengungkap rahasia kekuatannya mengayuh sepeda, selain menjaga pola makan sehat tanpa rokok.



"Di saat banyak orang di usia 80 tahun hanya duduk bermain kartu dan malas bergerak, namun hal itu tidak berlaku untuk saya. Saya melakukan 'physical culture' setiap hari dengan selalu bergerak. Dan itu bekerja di seluruh bagian tubuh dan membuat tubuh saya lentur," pungkas Marchand.



#ad2fcb


Artikel Terkait

What's on Your Mind...