Tips Cara Membedakan Emas Palsu dengan Asli

Cara membedakan Emas asli dengan Emas palsu dengan Mudah – Emas adalah salah satu perhiasan yang disukai terutama wanita, terkadang tingkat kekayaan seseorang diukur dari seberapa banyak emas yang di gunakan oleh orang tersebut. Salah satu bisnis yang juga baik di geluti adalah bisnis jual beli emas, sebab harganya cenderung naik turun tergantung dari harga dollar dan juga permintaan , emas sangat baik untuk diivestasikan sebab bendanya yang tidak susut begitupun juga dengan harganya. Bagi pecinta perhiasan emas yang tak sanggup membeli emas asli biasanya beralih menggunakan emas palsu yang harganya yang lumayan lebih murah. Tetapi beberapa oknum justru memanfaafkan keadaan yakni dengan menjual emas palsu ketika permintaan terhadap emas cenderung meningkat. Berikut ini saya akan memberikan beberapa tips sederhana dan mudah membedakan emas asli dan emas palsu dengan mudah.

emas batangan
ilustrasi : forum.viva.co.id


Cara membedakan emas Asli dan emas palsu
Ciri-ciri Emas Palsu

 
1. Emas palsu akan menempel jika di dekatkan dengan magnet, hal ini kemungkinan  emas tersebut dicampur dengan logam lain yang mengandung bezi
2. Jika digosokkan pada kaca maka kaca tersebut akan tergores, cobalah untuk menggosokkan beberapa garis di atas kaca pada saat membeli emas.
3. Memiliki bau amis layaknya besi jika dicium. Biasanya akan terasa seperti logam besi yang ada di sekitar kita
4. Jarum akan bengkok jika ditusukkan di emas tersebut, sebab emas asli cenderung lunak bentuknya.
5. Jika dijatuhkan akan berbunyi nyaring seperti logam
Cara mudah mengetes keaslian emas
Jika anda sulit mengetahui apalakah emas yang anda miliki asli atau palsu maka lakukan ujian mengetes keaslian emas berikut ini beberapa cara mudahnya
1. Bawalah emas anda kepada ahli emas dengan mengujinya menggunakan sinar x. Hasilnya akan langsung ketahuan tanpa perlu merusak emas anda, tetapi anda harus membayar jasa orang ahli tersebut.
2. Carilah sebatang magnet dan cobalah untuk mendekatkan emas tersebut ke magnet tadi, jika emas ersebut melengket beratti emas anda palsu sebab mengandung logam lain seperti besi.
3. tusuklah dengan menggunakan jarum, emas asli memiliki tekstur yang lembut, sehingga tidak akan menyebabkan jarum menjadi bengkok jika di tusuk.
4. Gunakan emas perhiasan anda beberapa hari, terutama emas cincin, dan kemudian amati di bagian jari anda. Jika di jari anda ada kotoran atau jari anda menghitam maka emas cincin tersebut palsu
Itulah beberapa cara membedakan emas palsu dengan emas asli, semoga kita bisa terhindar dari upaya penjualan emas palsu. 


Sumber

Artikel Terkait


Category Article

What's on Your Mind...