Tips Mengatur Kulkas agar Bersih dan Efisien



[imagetag]



Mungkin Anda pernah kesulitan menemukan makanan yang diletakkan di dalam kulkas karena terlalu penuh? Atau sulit mengambil sesuatu yang posisinya terlalu ke dalam dan terhalang oleh makanan tertentu? Itu terjadi karena Anda tidak mengorganisir isi di dalam kulkas.



Tidak ada alasan untuk tidak mengatur isi kulkas agar terlihat rapi dan bersih. Merapikan isi kulkas juga sangat bermanfaat agar Anda dapat mencari bumbu atau makanan dengan mudah dan cepat. Ada beberapa tips yang dikutip dari She Knows agar kulkas Anda menjadi bersih dan tertata rapi.



Memisahkan bumbu dapur



Hal yang paling menyebalkan dalam kulkas adalah ketika menemukan banyak bumbu dapur yang tidak pernah terpakai karena lupa pernah membelinya, bahkan sudah kadaluarsa. Jika hal tersebut terjadi kepada Anda, belilah beberapa toples kaca kecil yang dihias menarik untuk menyimpan bumbu-bumbu tersebut, tambahkan label nama pada masing-masing toples, dan letakkan pada rak di dapur. Hal tersebut baik dilakukan karena mudah dijangkau dan lebih efisien saat Anda memasak.



Membuat keseragaman



Botol jus buah, kaleng susu, botol plastik sirup, dan beberapa jenis minuman lain di dalam kulkas dapat Anda rapikan dengan membuat keseragaman. Tuangkan isi minuman tersebut ke dalam botol yang memiliki bentuk yang sama. Beri label di depannya untuk membedakan satu minuman dengan minuman lainnya. Deretan botol kaca yang seragam akan mempercantik lemari es Anda.



Memisahkan makanan sesuai jenisnya



Dua jenis makanan yang sepertinya memiliki tempat wajib dalam lemari es adalah sayur dan buah-buahan. Dua kelompok makanan sehat ini harus dipisahkan ke dalam laci atau rak yang berbeda. Pisahkan keduanya agar tidak terjadi kontaminasi silang. Pastikan Anda telah memeriksa sayur dan buah apa saja yang baik disimpan di dalam kulkas, karena tidak semua sayur dan buah matang dapat disimpan dalam suhu kulkas.



Membuat ruang khusus



Pergunakanlah wadah plastik dan rak khusus di dalam kulkas. Hal tersebut berguna untuk menyimpan sisa makan malam yang masih bisa digunakan untuk keesokan harinya. Gunakanlah wadah plastik yang berbeda warna untuk memberi tanda untuk jenis makanan tertentu. Dengan mempersiapkan wadah dan rak khusus sisa makanan, Anda akan lebih mudah menyimpan dan mencari makanan untuk keesokan harinya, serta terlihat lebih rapi dan terorganisir. Meskipun wadah sisa makanan, Anda harus tetap mengontrolnya, dan tetap membersihkannya setiap hari.



Bersihkan seminggu sekali



Banyak orang yang membersihkan kulkasnya dalam waktu sebulan sekali. Ini adalah kesalahan yang umum terjadi. Jagalah kulkas Anda tetap bersih sepanjang hari. Pastikan untuk mengisi kembali stok makanan yang hampir habis, periksa kembali bahan makanan Anda setiap minggu. Dengan begitu, Anda akan terbiasa untuk mengatur makan secara tertata di dalam kulkas dan hidup sehat.



 Sumber

#ad2fcb


Artikel Terkait

What's on Your Mind...