Resep Jitu Anti Begadang untuk si Insomnia



[imagetag]




Susah tidur memang tidak menyenangkan. Jam biologis terganggu, wajah jadi jerawatan, kurang konsentrasi dan mengantuk di saat yang tidak tepat. Padahal untuk wanita, tidur penting sebagai penunjang kesehatan dan kecantikan. Bila Anda mengalami susah tidur, coba tips di bawah ini.



1. Olahraga





Olahraga rutin memang penting untuk segala aspek kehidupan termasuk tidur. Melakukan olah raga yang benar dan teratur akan melancarkan metabolisme dan peredaran darah sehingga kita lebih mudah tidur dan segar kembali saat bangun.



2. Makanan





Ada beberapa makanan yang sebaiknya Anda hindari menjelang Anda tidur. Makanan yang berat dan mengandung kafein sebaiknya dihindari. Kebanyakan makan dan kekenyangan juga bisa menyiksa tubuh Anda. Makan buah-buahan, sayur dan minum susu bisa merangsang Anda untuk mudah tidur saat malam hari.



3. Matikan Lampu





Abaikan ketakutan pada hantu atau kisah misteri lainnya. Justru tidur dalam kondisi gelap sangat menyehatkan. Mematikan lampu saat tidur membantu Anda tidur nyenyak dan tubuh Anda beristirahat dengan baik.



4. No Earphone





Beberapa orang senang menggunakan earphone untuk mendengarkan musik maupun radio. Bila Anda ingin tidur yang lebih berkualitas dan nyenyak secara berkesinambungan, sebaiknya Anda tidur dengan situasi yang hening. Musik yang Anda dengarkan mempengaruhi kinerja otak dan membuat Anda tidak tidur dengan baik. Bila Anda ingin mendengarkan musik, gunakan volume kecil dari radio atau tape dan tidak menggunakan earphone.



5. Rileks





Jauhkan film horor, buku cerita, laptop dan fokus pada aktifitas sebelum tidur. Minimal 15-30 menit agar pikiran Anda beristirahat. Tidak usah terlalu fokus untuk tidur, tapi tenangkan pikiran dan tubuh Anda. Mencuci kaki dan tangan sebelum tidur itu bukan hanya untuk menjaga kebersihan lho, tapi bisa membantu Anda tidur dengan nyenyak.



Salah satu yang sering menjadi kesalahan terus menerus sehingga kita tidak bisa tidur adalah niat. Memang butuh niat untuk membiasakan diri tidur cepat dan terbiasa dengan proses memejamkan mata yang kadang sudah sejam tapi belum ngantuk juga. Mungkin Anda masih belum cukup rileks untuk tidur. Cobalah mendengarkan musik yang tenang untuk awal terapi tidur Anda, setelah itu mulai kurangi intensitas mendengarkan musik sampai Anda hanya perlu keheningan untuk tidur. Selamat mencoba dan semoga tidur nyenyak, Ladies.



 Sumber

#ad2fcb


Artikel Terkait

What's on Your Mind...