tugas bisnis internasional kekuatan ekoonomi dan sosio ekonomi

¢Pembahasan
¢Tujuan dilakukan analisis ekonomi
¢Dimensi Ekonomi :GDP,Distribusi pendapatan,konsumsi individu,biaya buruh perunit
¢Dimensi Sosioekonomi: total populasi,kepadatan penduduk,pemilikan barang konsumsi,distribusi umur,kecenderungan industri,dll
¢Analisis Ekonomi suatu negara
Tujuan
¢     Untuk menilai wujud secara menyeluruh dari perekonomian dan mengakses masa depan dan dampak perubahan ekonomi atas perusahaan
   
¢Tujuan analisa ekonomi:
¢    a. Merencanakan dan pengendalian  kebijakan serta mengikuti   perkembangan ekonomi terkini.
¢    b. mencari peluang pasar
¢    c. melihat daya beli dari tiap golongan
¢    d. menelaah GNP serta persentase pengeluaran
¢    e. menentukan pendapat rumah tangga untuk segmen golongan tertentu
¢    f. mengestimasi pendapatan perkapita
¢    g memperhatikan pasar regional yang akan memberikan dampak pada bisnis
¢
¢A Dimensi Ekonomi 
 a.GDP:Gross Domestic Product 
¢Nilai total seluruh barang dan jasa yang diproduksi secara domestik tidak termasuk pendapatan  bersih dari LuarNegri.
catatan:
-Gross National Income :untuk melihat daya beli
-Semakin tinggi GNI,semakin maju negara tsb.Namun perlu diperhatikan pula rata/tidaknya distribusi pendapatan tsb
¢Pengusaha biasanya lebih suka yg GDP-nya rendah dan pertumbuhan  ekonominya tinggi
             
¢Dimensi Ekonomi (lanjutan)
b.Distribusi pendapatan:
¢ukuran bagaimana pendapatan suatu bangsa terbagi diantara rakyatnya.
catatan
-Biasanya distribusi pendapatan lebih merata di negara maju
-Perbandingan  dari waktu ke waktu, redistribusi pendapatan berjalan  lambat.
-Ketidakadilan pemerataan :Pendapatan banyak terjadi di awal pertumbuhan. Namun akan terjadi kecenderungan sebaliknya  pada tahap kemudian.
¢Dimensi Ekonomi (lanjutan)
c.Pengeluaran konsumsi individu  :
¢bagaimana konsumen mengalokasikan pendapatan disposable(pendapatan dikurangi pajak) dan discretionary (jumlah penghasilan tersisa setelah membayar pajak dan membeli kebutuhan pokok).
 jumlah discretionary income tersebut adalah  uang yg dikeluarkan untuk produk perusahaan; selain itu PPP juga dipakai untuk memahami bagaimana sebenarnya daya beli suatu negara.misalnya makanan, pakaian  serta pengeluaran untuk transportasi dan komunikasi; barang konsumen tahan lama; perawatan kesehatan dan konsumsi lainnya di neg maju vs berkembang
¢
¢Dimensi Ekonomi (lanjutan)
d.biaya buruh perunit :
total biaya tenaga kerja langsung dibagi dengan unit yang diproduksi.
Bila unit labor cost lebih rendah dari yang sudah ada, akan menarik karena neg tsb merupakan prospek investasi bagi perusahaan yg ingin biaya produksi rendah; dan mungkin menjadi sumber persaingan baru di pasar dunia apabila telah ada perusahaan lain dengan lokasi sama.
¢      Alasan perubahan relatif tingkat upah  tenaga kerja:
¢             1.kompensasi;
¢             2.produktivitas;
¢             3.perubahan kurs
¢
¢Dimensi Sosioekonomi
a.Populasi total
     -.Kepadatan penduduk :jumlah penduduk per km2
  - Persentase daratan,jumlah penduduk(untuk melihat  penduduk  mata pencaharian tertentu)
  -Distribusi populasi
   
¢Dimensi Sosioekonomi (lanjutan)
b. Pemilikan pribadi atas barang, konsumsi bahan dasar ,misal
¢          - energi untuk kepemilikan memakai 
                listrik
¢          dan bukan barang primer  misalnya
¢          - pemilikan telpon
¢          - pemilikan computer
¢          - pemilikan HP
¢          -pemilikan mobil
¢Dimensi Sosioekonomi(lanjutan)
C.Distribusi umur untuk melihat segmen pasar
           misal di Negara maju, penduduk usia tua meningkat
                    di Negara berkembang, bayi dan anak banyak.
d.Tingkat harapan hidup
e. Tingkat melek huruf/buta huruf
¢
¢Dimensi Sosioekonomi(lanjutan)
f.Kecenderungan ukuran dan pertumbuhan industri.
g.Tingkat emisi karbondioxida
h.lain-lain: kenaikan jumlah pekerja wanita (berarti pendapatan meningkat, bauran promosi perlu diubah); jumlah perceraian; etnis tertentu
¢
¢Dimensi sosioekonomi (lanjutan)
-Menurunnya tingkat kelahiran: karena pemerintah  menyediakan program KB; wanita melanjutkan pendidikan dan menikah lebih lambat;
   - tingkat urbanisasi yang lebih besar memungkinkan wanita menjadi pekerja dan memenuhi kebutuhan sendiri, yang berpengaruh pada penundaan perkawinan.
¢
¢Untuk Pelaku Bisnis
A. Memahami rencana ekonomi nas (rencana tahunan dan lima tahunan) dan biasanya diwujudkan dalam pernyataan anggaran.
B.Memahami rencana indikatif untuk memahami harapan pemerintah neg tsb
¢Dimana berisi target  dasar dan pernyataan  kebijakan umum bagaimana mencapai tujuan tsb. Disamping itu pemerintah  mengeluarkan kebijakan moneter dan fiscal untuk untuk menciptakan kondisi yang menguntungkan dunia usaha shg target tsb dpt dipenuhi.(mis konsesi pajak khusus bagi investor, alokasi devisa- untuk pembelian brg impor.)
¢Referensi
¢
¢Ball,Donald et al.International Business:The Challenge of global competition.11th  ed 2008.
Ketika perusahaan menerobos pasar-pasar luar negeri, analisis ekonomi menjadi lebih rumit karena sekarang para manajer harus bekerja di dalam dua lingkungan baru: Luar negeri dan Internasional. Dalam lingkungan luar negeri, tidak hanya terdapat banyak ahli ekonomi, tetapi juga sangat berbeda-beda. Karena perbedaan ini kebijaksanaan yang dirancang untuk kondisi ekonomi di sebuah pasar mungkin secara keseluruhan tidak sesuai untuk kondisi ekonomi di pasar yang lain.

Misalnya, kantor-kantor pusat mungkin memunyai kebijaksanaan yang meminta cabang-cabangnya mempertahankan persediaan serendah mungkin dan kepala bagian keuangan bisa menyatakan bahwa mereka hanya mengambil pinjaman dengan denominasi (satuan) mata uang asing karena tingkat bunga yang lebih menguntungkan.
Disamping memantu lingkungan-lingkungan luar negeri, ahli ekonomi harus mengikuti tindakan-tindakan yang diambil oleh komponen-komponen lingkungan internasional, seperti pengelompokan regional (Uni Eropa, NAFTA) dan organisasi-organisasi internasional (PBB, IMF, Bank Dunia).
Dimensi-Dimensi Perekoniman dan Relevansinya bagi Para Pelaku Bisnis
Dimensi-dimensi Ekonomi
GNP (Gross National Product) – Produk Nasional Bruto. Penjumlahan seluruh barang dan jasa yang diproduki (dihasilkan) dan produk domestik bruto (GNP dikurangi pendapatan faktor luar negeri bersih) merupakan nilai-nilai yang digunakan untuk mengukur besarnya perekonomian.

GDP (Gross Domestic Product) merupakan nilai total seluruh barang dan jasa yang diproduksi secara domestik, tidak termauk (tida seperti GNP) pendapatan faktor bersih di luar negeri.

Semakin tinggi nilai GNP/kapita semakin maju perekonomiannya. Akan tetapi tingkat pertumbuhan adalah lebih penting bagi para pemasar karena tingkat pertumbuhan yang tinggi menunjukkan pasar yang berkembang cepat yang selalu mereka cari.
Seringkali apabila diberikan pilihan antara melakukan investasi di negara dengan GNP/kapita yang lebih tinggi tetapi tingkat pertumbuhan rendah dan sebuah negara dengan kondisi sebaliknya maka manajemen akan memilih yang terakhir.

Artikel Terkait

What's on Your Mind...