Tips Mudik Aman dan Nyaman 2012

Mudik memang sudah jadi aktivitas rutin setap tahunnya bagi masyarakat urban. Macet buan menjadi rintangan untuk melakukan perjalanan kembali ke kampung halaman . Bahkan, menempuh watu berhari-hari pun tetap dilakoni.

Nah, bagi Anda yang akan mudik dengan kendaraan pribadi, ada tips ringan yang dikutip dari berbagai sumber dan perlu dipersiapkan agar perjalanan menjadi nyaman. Selain itu juga aman, pasalnya angka kecelakaan yang semakin tinggi membuat kita harus terus waspada agar tidak menjadi korban


  • Daftar barang bawaan
    Beberapa hari sebelum berangkat, coba bikin list barang-barang apa yang akan dibawa. Daftar ini meminimalisir ke mungkinan lupa. Nah, yang harus anda perhatikan saat membawa barang-barang ini jangan meletakan barang bawaan di atas mobil. Sebab, hal tersebut dapat membahayakan jiwa Anda dan pengendara lain akibat tidak seimbang.

  • Hindari angin ban Nitrogen
    Nitrogen Cepat menguap dan membuat ban panas meletus. Hal ini tentu saja akan membahayakan jiwa pengendara

  • Cek kondisi kendaraan
    Memutuskan mudik menggunakan kendaraan pribadi adalah pilihan yang penuh resiko. Makannya, mobil atau motor adalah tulang punggung perjalanan Anda. Oleh karena itu, pastikan kendaraan Anda siap digunakan untuk perjalanan jauh. Sangat direkomendasikan untuk membawa kendaraan Anda ke bengkel resmi guna diperiksa secara menyeluruh. Jangan lupa juga bahwa peralatan tambahan dan sparepart cadangan pada kendaraan Anda.

  • Kotak P3K
    Periksa kembali kelengkapan isi kotak P3K anda. Minyak angin, balsem, betadine, dan obat sakit kepala adalah beberapa hal yang harus ada didalam kotak pertolongan pertama itu. Periksa kembali apakah obat-obatan yang ada sudah kadaluwarsa atau tidak. Anda juga bisa menambahkan dengan obat-obatak lain.

  • Hiburan
    Macet adalah halangan utama yang tidak mungkin Anda hindari dalama perjalanan. Ada baiknya, siapkan juga barang-barang yang sekirannya bisa menghibur Anda dari kebosanan. Koleksi kaset, CD, MP3, atau buku biasannya jadi teman setia dalam perjalanan.

  • Baterai dan Pulsa
    Telepon seluler kini tak bisa dilepaskan dari kehidupan kita. Pastikan baterai dan pulsa telepon seluler Anda dalam kondisi penuh. Jangan sampai terjadi, dalam keadaan darurat telepon Anda tidak bisa digunakan.

  • Kondisi tubuh
    Tidak hanya kendaraan yang perlu disiapkan, kondisi badan Anda juga perlu mendapat perhatian. Perjalanan panjang membutuhkan kondisi badan yang Prima. Pastikan Anda dalam keadaan yang fiit sebelum memulai perjalanan yang jauh. Jika mengantuk, berhentilan untuk beristirahat. Dianjurkan agar Anda beristirahat setiap empat jam

Artikel Terkait


Category Article

What's on Your Mind...