Jenis Peluang Usaha Baru

Jenis Peluang Usaha Baru

Banyak sekali orang yang ingin punya usaha tetapi bingung menentukan jenis usaha yang akan dilakukan. Mereka merasa bahwa semua jenis usaha sudah ada di sekitarnya. Akibatnya, mereka ini malah putus asa dan tidak jadi membuka usaha serta memilih bekerja sebagai karyawan. Padahal, gajinya sebagai karyawan hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari mencari berbagai jenis peluang usaha baru.

Kondisi ini tentunya tidak perlu terjadi bagi Anda yang benar-benar bertekad menjadi pengusaha sungguhan. Dalam dunia usaha, lazim terjadi persaingan. Dalam satu bidang usaha pasti akan ada banyak saingan yang membuka usaha serupa. Misalnya, pakaian, makanan, minuman, dll. Bahkan supermarket pun menjamur di satu kota dan masing-masing punya pangsa pasar sendiri-sendiri.


Bagi Anda yang memang bingung karena sudah banyak jenis usaha di dekatnya maka perlu kiranya memikirkan untuk menjadi berbeda. Artinya, membuka jenis usaha baru yang barangkali belum ada di tempat Anda maupun di tempat lain. Atau membuka usaha baru yang belum ada di tempat Anda tetapi sudah ada di tempat lain.

Saat ini ada beberapa peluang usaha baru yang barangkali bisa jadi solusi bagi Anda yang mengalami kebingungan. Peluang ini antara lain :

1. Bidang pertanian
Dalam bidang ini sebenarnya cukup banyak peluang yang bisa diraup. Sebab, hasil pertanian ini hampir bisa dipastikan menjadi kebutuhan manusia. Dalam bidang ini, Anda bisa memulai usaha budidaya tanaman pangan, obat-obatan, buah, dll. Bisa juga dengan membuat aneka makanan dari beragam produk pertanian.

2. Bidang peternakan
Dunia peternakan ini juga masih punya prospek menjanjikan. Misalnya, peternakan sapi. Hal ini bisa dilihat dengan tingginya impor daging sapi yang terjadi selama ini. Peternakan unggas juga masih menjanjikan. Begitu pula peternakan burung kicauan juga prospeknya masih luas. Tinggal dipilih mana yang sesuai dengan kemampuan Anda.

3. Bidang jasa
Jasa merupakan sesuatu yang dibutuhkan banyak orang. Jasa ini dalam artian luas. Bisnis yang menjanjikan dalam bidang jasa ini masih cukup luas. Misalnya, jasa layanan paket atau jasa layanan kebersihan dll. Bisa juga dengan membuka layanan antar jemput anak sekolah, atau penitipan anak.

4. Bidang iptek
Peluang di dunia ilmu pengetahuan dan teknologi ini juga cukup bagus. Soalnya, mereka yang menguasai iptek ini juga tidak banyak. anda  bisa mengandalkan kemampuan ada untuk bisnis jual beli service di bidang SEO.

Peluang usaha baru ini tidak sebatas pada empat bidang yang ditulis di atas. Tetapi dalam bidang lainnya bisa dipastikan ada sedikit celah untuk membuat hal-hal baru. Dan, untuk mengetahui hal ini, bisa diamati sendiri potensi yang ada di sekitar Anda. Sebab, tiap-tiap daerah tentu beda jenis usaha yang ada di situ.

Satu hal lagi yang penting diperhatikan adalah melihat potensi Anda sendiri. Jangan mamaksakan diri membuka usaha yang nantinya akan memberatkan diri Anda di kemudian hari karena hanya meniru atau terbujuk cerita teman saja. Pikirkan dengan cermat sebelum mengambil keputusan jenis peluang usaha baru.

Artikel Terkait


Category Article

What's on Your Mind...