Mana Yang Paling Utama (Alexa Rank, Pagerank atau Pengunjung Blog)

Menurut pendapat anda mana yang lebih utama / lebih penting antara Alexa Rank, Pagerank, Visitor / pengunjung Blog? Yang jelas performa blog tidak luput dari ketiga kriteria tersebut. Sepertinya saya pernah membahasnya dengan judul postingan "fokus ke pagerank apa alexa rank". Akan saya berikan sedikit tambahan di pembahasan ini karena Alexa Rank dan Pagerank Google sangatlah berbeda baik dari target, tujuan dan fungsinya pada blog.

mau pilih alexa rank, pagerank, visitor

1. Alexa Rank
Berdasarkan volume visitor/pengunjung, nilai traffic blog akan secara langsung diberikan oleh Alexa.  Semakin banyak pengunjung ke blog, maka nilai Alexa semakin buruk, berbeda dengan pagerank. Pada pagerank, makin banyak pengunjung ke blog maka nilai pagerank akan tambah bagus. Alexa rank merupakan aplikasi pihak ketiga yang menilai website/blog secara independent untuk tujuan tertentu, yaitu bisnis optimasi blog.

Fungsi / Manfaat Alexa Rank
Akan sangat bermanfaat untuk blog apabila nilai Alexa Rank semakin ramping karena dapat menjadi daya tarik pemasang iklan untuk menempatkan iklannya.

2. Page Rank
Pagerank merupakan bentuk penilaian google secara peringkat pada suatu blog/website. Seperti yang kita ketahui bahwa kita tidak dapat memperkirakan peringkat yang akan diberikan oleh Google, karena algoritma google akan selalu berubah. Jadi blog/website akan dianggap baik oleh Google apabila nilai pagerank blog makin tinggi.

Fungsinya Pagerank :
Yang pasti akan membuat setiap postingan/artikel blog dapat bersaing di hasil pencarian Google dan juga akan menjadi daya tarik bagi advertiser untuk memasang iklan di blog. Dengan begitu semakin tinggi ranking blog maka Google makin merekomendasikan untuk menampilkan ketika orang mengetik kata kunci atau keyword tertentu di Search Engine.

3. Visitor atau Pengunjung Blog
Pengunjung/pembaca merupakan segala-galanya terhadap konten blog karena penilaian tertinggi didapat dari pengunjung blog, bukan dari google atau alexa. Hal ini sangat bermanfaat sekali bagi blog, karena semakin banyak pengunjung ke blog maka blog akan semakin terkenal dan dikenal, jumlah pageview akan meningkat.

Penilaian Menurut Rudy Hartono
Yang jelas saya tidak butuh sama sekali penilaian dari Google terhadap blog saya yaitu Blog Rudy Hartono. Bagi saya pribadi, Google hanyalah suatu alat penghubung, perantara penyambung, jembatan, pembantu antara konten blog saya dengan pembaca/pengunjung Blog Rudy Hartono. Saya sangat-sangat butuh penilaian dari pengunjung untuk membaca konten blog saya. Saya menganggap bahwa anda-anda semua adalah "DEWA" untuk konten blog saya. Jadi penilaian tertinggi yang saya butuhkan adalah penilaian pembaca/pengunjung blog. Saya akan merasa bangga apabila anda mengingat nama "Blog Rasman Aquariuz" dan langsung mengetik Blog Rudy Hartono dari pada anda terlebih dahulu mengetik kata kunci tertentu di hasil pencarian Google dan tiba-tiba nyasar atau bertemu dengan nama Blog Rudy Hartono, karena ini akan sangat sulit pencariannya.

Jadi saya kembalikan kepada anda, karena anda pasti mempunyai visi dan misi tertentu untuk blog anda. Tersrah kepada penilaian anda mana yang akan anda pilih. Apabila anda butuh penilaian dari Google yang merupakan Search Engine terbesar, maka anda harus pelajari Teknik SEO yang terhebat. Saya jamin 100% kalau Google akan bertekuk lutut kepada anda dan bisa anda kalahkan dengan kemampuan hacking SEO seperti yang dilakukan oleh blog Auto Generated Content (AGC).

Yang terakhir, apabila anda butuh penilaian pembaca/pengunjung blog, yang harus anda lakukan yaitu menulis konten sebaik mungkin sehingga pembaca akan menyukainya. Update-lah postingan secara berkala, karena pembaca biasanya merasa jengkel apabila blog lama tidak update.

Artikel Terkait


Category Article

What's on Your Mind...