Fakta unik tentang Ikan di Dunia

  Inilah fakta-fakta unik tentang ikan di dunia, mau tahu gan simak saja ya :

 1.Ikan pertama di dunia 
Para ilmuwan setelah meneliti bertahun-tahun dan menemukan ikan Conodontia sebagai ikan yang pertama di dunia, fosil mereka tetap utuh dan kemungkinan mereka hidup sekitar 515.000.000 tahun yang lalu. Gambar di atas adalah gambar fosil ikan yang menyerupai dan hampir sama dengan bentuk ikan pertama di dunia.

2.Ikan terbesar di dunia 
Great White Shark disebut Megalodon Shark ( Carcharodon Megalodon ). Ikan impresif ini benar-benar karnivora, sekarang hanya dikenal dari catatan fosil giginya saja, mungkin hidup antara sekitar 20 sampai 2 juta tahun yang lalu. Perkiraan ukurannya, berdasarkan rekonstruksi rahang dan perbandingan dengan Great White Shark todays menunjukkan kemungkinan sekitar 14,7 m (48,4 kaki) panjangnya dan ditimbang sekitar 35.000 kg beratnya.

3.Ikan terkecil di dunia 
Tiga jenis ikan disajikan pada FishBase yang hanya memiliki panjang 1 cm. Pamphorichthys, spiniceps Photocorynus dan nanus Trimmatom. Ketiganya tercatat sebagai ikan terkecil yang pernah masuk Guinness Book of Records sebagai hewan terkecil di dunia.

4.Ikan terpintar 
Elephantnose (Gnathonemus petersii) yang memiliki otak sebesar 3,1% dari total berat badanya. Ikan rata-rata hanya memiliki otak yang beratnya kurang dari 1% dari berat total tubuhnya, Otak manusia rata-rata hanya pada tingkat 2,3% dari berat badan. Ikan Elephantnose hidup di air tawar, ikan tropis dari Afrika Tengah yang tumbuh dengan panjang maksimum 35 cm. Ini adalah spesies yang tersedia secara komersial untuk aquarium dan disukai karena perilaku bermain-mainnya yang sangat cerdas.

5.Ikan terbodoh 
Kita tidak bisa memastikannya, tapi apa yang kita tahu adalah bahwa Acanthonus armatus, sebuah ikan laut dalam titik puncak Eel, memiliki otak yang sangat kecil, relatif terhadap ukuran tubuhnya, dari setiap ikan, atau bahkan vertebrata apapun, karena itu dia disebut ikan 

6.Ikan tercepat 
Istiophorus platypterus yang dicatat mampu menempuh 91 meter (300 kaki) baris dalam tiga detik, yang setara dengan 109,2 km/h atau 72 mph.


7.Ikan penghasil telur terbanyak 
The Greay Kerapu, Epinephelus tauvina perempuan yang dapat mengeluarkan sebanyak 340.000.000 telur dalam satu musim, namun telurnya sangat kecil, yaitu sekitar 0.75mm pada diameternya.

8.Ikan penghasil telur paling sedikit 
Mobula genus, lebih dikenal sebagai Devil Rays, Masing-masing hanya memproduksi satu telur, dan kemudian hanya satu telur muda per musim. Ada beberapa anggota lainnya dari genus mobula, tapi biologi reproduksi mereka kurang dikenal.

9.Ikan mengejutkan di dunia 
Electric Eel (Electrophorus electricus) dari Amerika Selatan adalah raja dari generator yang hidup dan oleh disebut ikan yang paling mengejutkan di bumi. Organ listrik dalam tubuhnya sebanyak 80% dan spesimen rata-rata dapat memberikan 1 amp sekitar pada 400 volt. Rekor ini diadakan sebagai spesimen dari New York Aquarium yang diukur memberikan sebuah sengatan 650 volt. Tegangan ini bisa dengan mudah membunuh manusia dewasa.

10.Ikan paling beracun di dunia 
Poisonousness adalah puffer Kematian Maki-maki hispidus Arothron. Organ internal dari ikan ini sangat beracun yang memakan waktu kurang dari 0,1 gram (atau 400ths ons) untuk membunuh seorang manusia dewasa dalam waktu kurang dari setengah jam.

11.Ikan paling Sedikit di dunia 
The Devils Hole Pupfish (Cyprinodon diabolis) kecil, 15 sampai 20 mm panjangnya, jenis ikan cyprynid hanya ditemukan dalam satu lokasi, yang disebut Devil's Hole di Nevada USA. Jumlah ikan ini diperkirakan hanya 200-700 ekor.

12.Ikan paling banyak di dunia 
Anchoveta Peru, Engraulis ringens. Ini adalah ikan kecil, hingga 8 cm panjang yang tertangkp oleh jutaan ton dari pesisir Amerika Selatan, dan ini adalah ikan terbanyak yang ada di dunia.

13.Ikan hidup terlama di dunia 
Rockfish Rougheye (Sebastes aleutianus) dari Alaska yang dilaporkan hidup sampai umur 205 tahun, pada tahun 2002 pada waktu itu ikan ini masih hidup.

14.Ikan hidup terdalam 
Abyssobrotula galatheae telah ditemukan pada kedalaman 8.372 meter di Palung Puetorican, sangat sedikit yang diketahui tentang biologisnya.
 

Artikel Terkait


Category Article

What's on Your Mind...