Mau Diet Instan? Begini Caranya! Tips Diet Instan



[imagetag]
Tips Diet InstanMau Diet Instan? Begini Caranya! Tips Diet Instan Rata-rata perempuan pasti pernah mengeluhkan tubuh mereka yang terlihat berlemak di sana-sini. Tak heran jika banyak yang langsung mengurangi porsi dan frekuensi makan untuk menurunkan bobot tubuhnya. Sayangnya, pola diet seperti ini belum tentu bisa menurunkan bobot tubuh dengan cepat, dan dengan cara yang sehat. Untuk menurunkan berat badan dalam waktu singkat namun tetap sehat dan menyenangkan, coba ikuti empat golden rulesberikut ini:

1. Perbanyak serat



Serat merupakan salah satu asupan makanan yang sering dilupakan. Padahal menyantap 20 gram serat per hari bisa membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Akibatnya, Anda tidak cepat lapar dan mengurangi keinginan ngemil atau makan terlalu banyak. Serat ini bisa diperoleh dari biji-bijian, buah, dan sayuran. Serat akan bekerja melembekkan massa feses, membuat massa feses lebih banyak, sehingga memperpendek masa transit feses di usus sehingga cepat dikeluarkan dari tubuh. Artinya, Anda juga jadi lebih lancar BAB.

2. Vitamin D



Vitamin D dan kalsium tak hanya berguna untuk menguatkan tulang saja. Konsumsi tiga porsi makanan yang mengandung banyak kalsium dan vitamin D juga bisa membantu mempercepat penurunan berat badan. Nutrisi ini mudah didapatkan dari berbagai makanan, terutama susu, susu rendah lemak, dan juga yogurt.

3. Lemak



Tak semua lemak itu jahat dan menyebabkan kegemukan. Sebaliknya, bebas lemak pun tak berarti bebas makan sebanyak-banyaknya. Lemak juga ada yang baik dan bahkan membantu mengurangi berat badan. Lemak baik atau disebut juga asam lemak tak jenuh tunggal dan asam lemak omega-3 jika dimakan antara 3-4 porsi dalam sehari bisa menurunkan berat badan dengan cepat. Lemak baik ini bisa diperoleh dari minyak, kacang-kacangan, alpukat, ikan, dan cokelat.

4. Protein



Makanan berprotein tinggi butuh waktu lebih banyak untuk dicerna dan digunakan, sehingga Anda membakar lebih banyak kalori saat memprosesnya. Protein juga lebih lama bertahan di dalam perut, sehingga Anda merasa kenyang lebih cepat dan lebih lama. Asupan tiga porsi protein dari makanan seperti ikan, daging ayam, daging sapi, atau telur per hari akan menjadi nutrisi penting untuk menurunkan berat badan. Mengonsumsi telur untuk sarapan, misalnya, bisa menahan rasa kenyang lebih lama. Sebab protein dalam telur diketahui akan membuat perut kenyang dibandingkan dengan protein dalam gandum.
#ad2fcb


Artikel Terkait

What's on Your Mind...