Presiden Baik Ini Menyumbangkan 90 Persen Gajinya

Presiden termiskin sejagat sumbang 90 persen gajinya

Artikel Zamrud Hijau - Ketika hampir semua pemimpin negara berlomba menumpuk kekayaan, Presiden Uruguay José Mujica malah bersikap sebaliknya. Lelaki 77 tahun ini dijuluki presiden termiskin di dunia.

Dia mengakui kepada surat kabar berbahasa Spanyol, El Mundo, sebagian besar gajinya sebagai presiden disumbangkan untuk amal. Sebab itu, banyak orang menyebut dia presiden paling dermawan di dunia meski dia tidak percaya Tuhan itu ada.

Surat kabar The Lookout melaporkan, Kamis (20/9/2012), Mujica mengungkapkan hanya mengambil Rp 11.931.250 dari gaji Rp 119.312.500 per bulan, sisanya untuk amal. "Saya merasa cukup dengan gaji sebesar itu. Saya harus melakukan ini karena masih banyak warga Uruguay hidup kekurangan," kata Mujica.

Istri Mujica, seorang senator, juga menyumbangkan sebagian gajinya. Mujica dan istrinya tinggal di sebuah desa di pinggiran Ibu Kota Montevideo. Bukan di istana seperti kepala negara lainnya.

Pengeluaran terbesar Mujica hingga saat ini adalah mobil Volkswagen Beetle (VW kodok) seharga Rp 18.594.200. Dia menolak memakai mobil dinas.

Apa yang dilakukan Mujica ini sebenarnya tidak terlalu mengejutkan. Mujica adalah mantan pejuang yang terpilih pada pemilihan umum 2010 dari koalisi partai-partai kiri, Broad Front. Uruguay dikenal sebagai negara yang kecil korupsinya di Amerika Latin.

Mujica mengaku tidak memiliki rekening bank dan utang. Dia memelihara anjing bernama Manuela.

Rasanya tidak berlebihan Mujica pantas dicontoh semua pemimpin, termasuk di Indonesia.

sumber

Artikel Terkait


Category Article ,

What's on Your Mind...