Cara Memaafkan Mantan Kekasih agar Lebih Mudah Move On



[imagetag]



Anda pasti ingin bisa move on atau melanjutkan hidup pasca putusnya jalinan asmara. Salah satu cara ampuh agar bisa merasa tenang dan dapat melanjutkan hidup adalah dengan memaafkan mantan kekasih.



Memang untuk memaafkan tidak semudah diucapkan. Dibutuhkan proses dan waktu. Anda akan menemukan satu titik di mana Anda tidak hanya bisa memaafkan, tapi juga mampu melewatkan masa-masa terpuruk. Agar lebih mudah memaafkan mantan kekasih, ini dia tipsnya seperti dirangkum eHow.



1. Tahu Kesalahan Anda



Meskipun mantan kekasih telah menyakiti Anda, tapi jangan hanya menyalahkan satu pihak. Anda pun pasti memiliki kesalahan dalam hubungan asmara. Ketika Anda bisa jujur pada diri sendiri tentang kesalahan Anda dan tidak hanya menyalahkan mantan kekasih, maka ini bisa membuat Anda sadar tidak ada satu orang pun sempurna di dunia ini. Dan setiap orang pantas untuk dimaafkan.



2. Maafkan Diri Sendiri



Sebelum berusaha memaafkan orang lain, maafkanlah diri sendiri. Membawa perasaan negatif membuat Anda terus memikirkan kejelekan mantan dan itu tidak akan mengubah keadaan, tapi justru membuat Anda semakin kecewa. Cobalah untuk menerima keadaan, jauhkan perasaan negatif dan mulai dengan memaafkan diri sendiri.



3. Tulis Surat



Tulislah surat untuk mantan dan tumpahkan seluruh perasaan Anda padanya, termasuk alasan mengapa Anda harus memaafkannya dan mengapa Anda belum bisa member maaf padanya. Ketika surat sudah selesai di tulis, Anda tidak perlu mengirimkan surat tersebut. Robeklah! Setidaknya dengan menulis membuat perasaan Anda lebih lega dan memberi sugesti bahwa Anda mampu melewati masa terpuruk dan dapat memaafkan mantan kekasih.



4. Fokus Pada Diri Sendiri



Mengingat-ingat mantan kekasih, bisa membuat Anda semakin terpuruk. Untuk itu, fokuslah pada diri sendiri. Buatlah daftar apa yang Anda inginkan dan tujuan hidup Anda. Dengan begitu Anda akan melupakan kesalahan-kesalahannya dan bisa memaafkannya.



5. Tidak Perlu Mengumbar Kesalahannya Ke Banyak Orang



Curhat pada salah satu orang terdekat memang membuat perasaan Anda lebih lega. Tapi Anda tidak perlu mengumbar cerita kesalahan mantan kekasih ke banyak orang. Bukannya membuat lega, Anda malah mendapatkan banyak saran yang mungkin bisa membuat Anda semakin negatif. Ini hanya membuat Anda semakin sulit memaafkan si dia.



 Sumber

#ad2fcb


Artikel Terkait

What's on Your Mind...