4 Kebiasaan Salah Saat Cuci Muka

Artikel Zamrud Hijau - Mencuci muka adalah hal yang sering kita lakukan selepas beraktivitas. Debu-debu yang menumpuk di wajah rasanya ingin sekali langsung dibersihkan. Beberapa dari Anda mungkin melakukan beberapa kali pencucian wajah dalam satu waktu, dengan anggapan akan membuat wajah lebih kesat dan bersih.

Tapi apakah Anda tahu, membersihkan wajah yang terlalu sering justru membuat akan kulit wajah menjadi kering? Berikut beberapa kebiasaan yang salah saat mencuci muka seperti yang dikutip She Knows.

Cuci Muka

1. Membersihkan wajah terlalu sering
Mungkin Anda berpikir jika membersihkan wajah berkali-kali dapat membuat wajah menjadi lebih bersih, tapi apakah Anda tahu, membersihkan wajah terlalu sering justru akan berbahaya?

Jika Anda membersihkan wajah lebih dari 2 kali dalam sehari, maka secara tidak langsung Anda telah mengikis produksi minyak alami yang sebenarnya diperlukan untuk menjaga kulit agar tetap sehat dan seimbang. Untuk memberapa kondisi wajah, kulit bisa berubah menjadi kering atau bahkan malah berminyak. Tetaplah bersihkan wajah Anda dua kali dalam sehari, yaitu di pagi hari dan malam sebelum tidur.

2. Memilih produk yang wangi
Sebagian besar wanita menyukai produk pembersih yang mengandung aroma, seperti buah, bunga, mint, dan semacamnya. Tapi permasalahannya adalah jika Anda membeli produk-produk pembersih yang mengandung banyak aroma, dipastikan produk tersebut banyak mengandung bahan yang tidak alami atau wewangian sintetik. Apabila kulit Anda sensitif atau rentan terhadap iritasi, pilihlah produk tanpa pengharum atau yang berasal aroma wangi dari alam, dibandingkan bahan kimia.

3. Mencuci wajah sebelum keramas
Mana yang Anda biasa lakukan: mencuci wajah atau rambut terlebih dahulu? Yang benar adalah cucilah rambut Anda terlebih dahulu, dan biarkan wajah Anda tetap kering sampai pencucian rambut selesai. Dengan begitu, tidak akan ada residu dari produk perawatan rambut yang tersisa pada kulit wajah, karena dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Setelah itu, barulah cuci wajah dengan sabun pembersih. Saat mencuci rambut, pastikan sampo dan air bilasan tidak mengenai wajah Anda.

4. Menggunakan suhu air yang salah
Air dingin mungkin akan membuat Anda menjadi segar dan air panas akan membuat Anda merasa lebih nyaman, tapi menggunakan suhu air yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin adalah pilihan tepat. Air yang panas akan membuat kulit menjadi kering, sementara air yang dingin tidak akan membuka pori-pori kulit wajah Anda. Oleh sebab itu, cucilah wajah dengan air hangat.

sumber

Artikel Terkait


Category Article ,

What's on Your Mind...