5 Keputusan Tegas Presiden Terkait KPK VS POLRI

5 Keputusan Tegas Presiden Terkait KPK VS POLRI.Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyambut baik keputusan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. KPK akan kembali melanjutkan pengusutan kasus dugaan korupsi simulator SIM. Kompol Novel yang sempat terganggu akibat akan dijemput paksa polisi pun bisa tenang karena SBY memerintahkan polisi menghentikan kasus ini sementara.

"Untuk Novel sangat jelas sekali. Saudara Novel bebas menjalankan tugasnya sebagai penyidik untuk kasus korlantas, dengan kebebasan itu dia tidak dibebani oleh hal-hal lain," kata Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto dalam jumpa pers di KPK, Senin (8/10).
Hubungan antara KPK dan Polri yang semula tegang kini mulai mencair. Secara khusus KPK menyampaikan apresiasi pada Polri dalam pertemuan itu.

"Kami menghargai dan mengapresiasi Kapolri. Apa yang disampaikan dalam pertemuan itu adalah penegak hukum profesional. Sepakat, setuju apa yang dikemukakan presiden itu harus diapresiasi. Penangkapan Bupati Buol itu bisa terlaksana karena support dari Kapolri," tutup BW.

Sebelumnya, dalam pidatonya SBY menyerahkan kewenangan pengusutan simulator SIM dan Irjen Djoko Susilo pada KPK. SBY pun menilai cara polisi menjemput paksa Novel tak pantas dilakukan.

Dalam berbagai kesempatan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kerap menggunakan istilah asing dalam pidatonya. Penggunaan istilah asing tersebut tidak jarang memicu protes dari berbagai kalangan.

Tapi, malam ini, saat pidato menyikapi kisruh yang terjadi antara Polri dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), SBY tampak irit menggunakan istilah-istilah asing.

Istilah-istilah asing yang diucapkan SBY dalam pidatonya yang berlangsung sekitar 40 menit tersebut tidak lebih dari 10 kata, seperti memorandum of understanding (MoU), tour of duty, tour of area, dan equality before the law, timing. Namun SBY mengucapkan istilah MoU sampai empat kali.

"Timing-nya tidak tepat, pendekatan dan caranya pun tidak tepat. Itu pandangan saya dan solusi yang saya tempuh, yang juga merupakan perselihan antara KPK dan Polri,' demikian salah satu ucapan SBY yang menggunakan istilah asing.

SBY sebelumnya kerap menggunakan istilah asing dalam pidatonya. Dalam pidato di hadapan sidang bersama DPD-DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, pada 16 Agustus lalu, tercatat ada 30 istilah bahasa Inggris yang digunakan SBY. Istilah ini tidak termasuk beberapa istilah yang merupakan nama keputusan/tempat yang aslinya memang menggunakan bahasa Inggris, seperti 'six-point principles on the South China' dan 'International Peace and Security Centre'.

Beberapa istilah bahasa Inggris tersebut juga merupakan makna sepadan dari istilah bahasa Indonesia yang sebelumnya sudah disebutkan SBY. Selebihnya, istilah bahasa Inggris tidak dijelaskan artinya.

Inilah 5 Keputusan SBY Yang Sangat Tegas :

Pertama, penanganan hukum dugaan korupsi pada pengadaan alat simulator SIM yang melibatkan Irjen Joko Susilo, sepenuhnya dikerjakan oleh KPK. Sementara Polri mengerjakan kasus lain yang tidak terkait.

Kedua, penanganan kasus dugaan penganiayaan yang diduga dilakukan oleh Novel Bawesdan (penyidik KPK yang merupakan anggota Kepolisian) oleh Polri diangap Presiden, dilakukan disaat yang tidak tepat baik timing atau-pun caranya.

Ketiga, mengenai perselisihan anggota Polri yang bertugas di KPK akan diatur selanjutnya oleh Presiden melalui pembuatan Peraturan Pemerintah (PP). Aturan ini menyangkut status penyidik KPK yang diperpanjang dan bisa menjadi pegawai KPK setelah mengundurkan diri dari Polri.

Keempat, mengenai rencana revisi UU KPK yang bergulir di DPR, dianggap Presiden tidak perlu dilakukan untuk saat ini, walaupun itu mungkin dilakukan.

Kelima, KPK dan Polri diminta Presiden untuk memperbaharui nota kesepahaman (MoU), selain itu Presiden juga meminta adanya sinergi KPK agar kejadian perselisihan kedua lembaga tidak kembali terulang.


 dari berbagai sumber :





Berita untuk keputusan presiden tentang kpk vs polri
BeritaSatu
Lima Solusi Atasi Polemik KPK Vs Polri
Metro TV News
Lima Solusi Atasi Polemik KPK Vs Polri ... "Pertama, Presiden meminta kepada Kapolri untuk menyerahkan kasus SIM Simulator ke KPK," ...

Biarkan KPK Bekerja
Rakyat Kalbar

KPK VS POLRI— Presiden Bisa Minta Kapolri Serahkan Kasus ke ...
www.bisnis-kti.com/.../kpk-vs-polri-presiden-bisa-minta-kapolri-sera...
KPK VS POLRI— Presiden Bisa Minta Kapolri Serahkan Kasus ke KPK. Oleh Muhammad Juanda on Monday, 8 October 2012 ...

Lima Keputusan Presiden soal Polri Vs KPK - Liputan6
news.liputan6.com/read/.../lima-keputusan-presiden-soal-polri-vs-kp...
– Liputan6.com, Jakarta: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengeluarkan lima keputusan terkait perselisihan antara Polri dengan Komisi ...

kasus kpk vs polri « EkoJuli
ekojuli.wordpress.com/tag/kasus-kpk-vs-polri/
Posts about kasus kpk vs polri written by ekojuli. ... Susilo Bambang Yudhoyono, pada tanggal 2 November 2009, menerbitkan Keputusan Presiden No.

Ini Kesimpulan Presiden SBY Soal KPK Vs Polri - Kontan Online
nasional.kontan.co.id/news/ini...presiden-sby-soal-kpk-vs-polri/.../08
PIDATO PRESIDEN SOAL KPK VS POLRI. Ini kesimpulan Presiden SBY soal KPK Vs Polri. Oleh Yudho Winarto - Senin, 08 Oktober 2012 | 20:49 WIB. Tweet ...

Sudi: Beberapa Media Besar-besarkan Polemik KPK vs Polri ...
www.beritasatu.com/.../76230-sudi-beberapa-media-besar-besarkan-...
– Sudi: Beberapa Media Besar-besarkan Polemik KPK vs Polri ... Menurut Sudi, keputusan Presiden untuk segera mengambil alih masalah itu ...

KPK VS POLRI: Presiden Diminta Tegaskan Kasus Simulator ...
www.kabar24.com/.../kpk-vs-polri-presiden-diminta-tegaskan-kasus-...
KPK VS POLRI: Presiden Diminta Tegaskan Kasus Simulator Kewenangan KPK. 8 October 2012 13:14. John Andhi Oktaveri. Aksi mendukung KPK di Solo, ...

KPK VS POLRI Hanya Demi Menyelamatkan Sang Presiden
politik.kompasiana.com/.../kpk-vs-polri-hanya-demi-menyelamatkan...
– KPK VS POLRI Hanya Demi Menyelamatkan Sang Presiden ... berdasarakan hasil keputusan persidangan DPR RI, KPK dibatasi sampai akhir ...

Pidato KPK vs Polri 40 menit, SBY irit gunakan istilah asing ...
– Pidato KPK vs Polri 40 menit, SBY irit gunakan istilah asing ... yang merupakan nama keputusan/tempat yang aslinya memang menggunakan bahasa ... Baswedan · Kisruh penyidik KPK-Polri, Presiden keluarkan aturan baru ...

Staf Khusus Presiden Bilang KPK Vs Polri Ditunggangi. Senin ...
Spekulasi & Solusi Konflik KPK Vs Polri - www.inilah.com
m.inilah.com/read/detail/.../spekulasi-solusi-konflik-kpk-vs-polri
– Dalam carut marut KPK vs Polri itu, adakah solusinya yang arif dan bijak? ... Pertama, Presiden meminta kepada Kapolri menyerahkan kasus ...

Taufiq: Butuh Kearifan SBY Redam Perseteruan KPK vs Polri
kang-hilman.blogspot.com/.../taufiq-butuh-kearifan-sby-redam.html
Presiden Termiskin Sejagat Sumbang 90% Gajinya ... diharapkan kearifan dan keputusan presiden sebagai pemimpin tertinggi, arahan bahwa hal ... Kasus KPK versus Polri terus meruncing setelah kedua lembaga ini berebut kewenangan ...

Klimas KPK vs Polri, yang Menang SBY. Aktivis, Mahasiswa dan ...
Alexa Traffic Rank for http://www.rimanews.com/read/20121008/77911/klimas-kpk-vs-polri-yang-menang-sby-aktivis-mahasiswa-dan-media-jadi-gombal: 116.847www.rimanews.com/.../klimas-kpk-vs-polri-yang-menang-sby-aktivi...
38 menit yang lalu – JAKARTA-Klimaks KPK vs Polri dimenangkan SBY. Media ...
Timur Pradopo, yang dengan berbesar hati mau menerima keputusan presiden.

Lima Keputusan Presiden soal Polri Vs KPK - INDAH WEB ID
twitter.indah.web.id/twitter/all/255312265945939969/
– liputan6dotcom, @liputan6dotcom : Lima Keputusan Presiden soal Polri Vs KPK http://t.co/jY2cItFP. 7 mins ago 6 Retweets, 2 more>> ...


Artikel Terkait


Category Article

What's on Your Mind...