Manfaat dan Khasiat Buahn Naga

Manfaat Dan Khasiat Buah Naga – buah naga adalah buah yang mengandung vitamin dan zat-zat lainnya tentu manfaat buah naga tidak perlu di ragukan lagi. Buah Naga atau Dragon Fruit ini adalah jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan namun sekarang juga dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Malaysia dan termasuk di indonesia.


Pada tahun 1870 tanaman ini dibawa orang Perancis dari Guyana ke Vietnam sebagai tanaman hias. Oleh orang Vietnam dan orang Cina buahnya dianggap membawa berkah mungkin karena manfaat buah naga yang sangat besar.Oleh sebab itu, buah ini selalu diletakkan di antara dua ekor patung naga berwarna hijau di atas meja altar. Warna merah buah jadi mencolok sekali di antara warna naga-naga yang hijau.
Dari kebiasaan inilah buah itu di kalangan orang Vietnam yang sangat terpengaruh budaya Cina dikenal sebagai thang loy (buah naga). Thang loy orang Vietnam ini kemudian diterjemahkan di Eropa dan negara lain yang berbahasa Inggris sebagai dragon fruit (buah naga). Adapun macam-macam buah naga yang memiliki banyak jenis dan khasiat dan manfaat buah naga.

Manfaat dan Khasiat Buah Naga

  • Sebagai antioksidan dan meningkatkan daya tahan tubuh
  • Rasa asam pada buah naga menjadi bukti tingginya kandungan vitamin C. Di dalam vitamin C terdapat asam askorbat yang merupakan antioksidan yang sangat baik. Selain melawan radikal bebas, asam askorbat juga berfungsi mengisolasi sel tumor, mencegah efek onkogenik virus dan karsinogenik. Karena itulah mengonsumsi buah naga bisa meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus mencegah kanker. Selain vitamin C, antioksidan lain yang terdapat pada buah ini adalah vitamin E dan linoleat pada biji buah naga.
  • Menyehatkan mata
    Buah naga juga mengandung vitamin A yang berfungsi untuk kesehatan mata anda.
  • Melancarkan buang air besar
    Seperti kebanyakan buah lainnya, buah naga mengandung air dalam jumlah besar dan serat. Serat tidak bisa biolah dalam tubuh dan akan berfungsi melunakkan feses. Jadi, makan buah naga akan melancarkan BAB sekaligus merampingkan perut anda.
  • Melindungi dari osteoporosis
    Ternyata buah naga mengandung kalsium dan fosfor. Kedua mineral ini adalah pembentuk tulang dan gigi kita. Dengan konsumsi kalsium cukup, maka tubuh tidak akan mengambil kebutuhan kalsium dari tulang belakang atau gigi. Dengan begitu tulang dan gigi kita tetap kuat dan utuh sampai tua.
  • Obat pasien talasemia
    Buah naga merah mengandung indicaxantin yang merupakan salah satu pigmen betaxantin. Pigmen betaxantin merupakan pembentuk betaglobin (bagian dari hemoglobin) yang berfungsi mengangkut oksigen dari paru-paru. Karena itu, di Italia buah naga digunakan untuk terapi talasemia akibat kerusakan betaglobin.
  • Baik digunakan untuk penderita diabet
    Menjaga kesehatan kulit
    Kadar air yang tinggi serta kandungan berbagai vitamin dalam buah ini bisa menjaga kelembaban kulit anda. Vitamin C berfungsi menghambat pembentukan pigmen sehingga kulit terlihat lebih cerah, sedangkan vitamin E akan memperhalus kulit anda.
  • Meningkatkan kesuburan
    Di dalam buah merah cantik ini ada vitamin E yang berperan pada antisterilitas atau meningkatkan kesuburan.
  • Menurunkan kolesterol dan mencegah hipertensi
    Fungsi lain dari asam askorbat (salah satu kandungan vitamin C) adalah mencegah ateriosklerosis dan menurunkan produksi LDL (lemak jahat). Rendahnya kadar LDL dalam darah menghindarkan pembentukan plak pada pembuluh darah sehingga pembuluh darah tetap elastis. Dengan begitu tekanan darah dan kadar kolesterol darah tetap normal.
Sekian dari saya bila kalian tau lebih banyak tentang Manfaat Dan Khasiat Buah Naga silakan komen.Semoga menambah wawasan anda.

Artikel Terkait


Category Article

What's on Your Mind...