Wow, Gajah ini Pintar Berbahasa Korea!



[imagetag]




Seekor Gajah di Kebun Binatang Everland di Korea Selatan (Korsel) dapat menirukan beberapa kata dalam Bahasa Korea dengan belalainya. Kemampuan unik yang dimilikinya itu membuat banyak peneliti tertarik untuk meneliti gajah bernama Koshik tersebut.



Dalam laporan yang dikeluarkan oleh satu tim ahli biologi, Koshik dapat setidaknya mengucapkan 5 kata dalam bahasa Korea. Kata-kata yang bisa diucapkannya antara lain "annyeong" yang berarti halo, "anja" yang berarti duduk) "aniya" yang artinya tidak, "nuwo" atau berbaring, dan "joa" berarti bagus.



Petugas di kebun binatang menyebutkan bahwa koshk dapat menirukan kata "ajik" (belum). Namun tim peneliti belum bisa memastikannya. Demikian diberitakan Telegraph.



Salah satu ahli yang ikut meneliti menyebut tidak ada bukti yang sahih bahwa Koshik mengerti arti dari kata-kata yang bisa ditirukannya, walaupun gajah tersebut bisa memberikan respon ketika mendengar kata "anja".



Peniruan suara menjadi hal lazim bagi beberapa binatang, khususnya pada kelompok unggas seperti burung kakak tua, dan burung myna. Namun apa yang dilakukan Koshik berbeda dengan burung-burung tersebut karena ia menirukan suara bukan dengan pita suaranya namun dengan belalainya.



Dipercaya bahwa Koshik berusaha untuk menirukan suara manusia agar ia dapat memiliki ikatan dengan pelatihnya. Koshik yang saat ini berusia 22 tahun telah berpisah dengan gajah-gajah lainnya sejak umur 5 tahun.



Koshik menjadi bintang dari kebun binatang Everland sejak tahun 2006 setelah pihak kebun binatang menyebutkan kepada publik bahwa ia bisa menirukan Bahasa Korea. Nama Koshik pun sampai ke telinga ahli biologi Austria Angela Stoeger-Howarth, dan ahli biologi Jerman Daniel Mietchen, yang kemudian meneliti Koshik pada tahun 2010.



Kepala pelatih yang menangani Koshik menyebutkan bahwa ingin mengajari satu kata lagi kepada Koshik, kata tersebut yakni "saranghae"  yang berarti aku cinta kamu.



 Sumber

#ad2fcb


Artikel Terkait

What's on Your Mind...