Tips Apabila Badan Lemas, Letih, Lesu dan Tidak Semangat


Step 1
Cek dulu kondisi tubuhmu!
Susah bangun pagi! lesu saat belajar,kerja ? langsung menuju tempat tidur? kalau semua kamu banget, better check this one!
Kamu Kecapean…
1. Sensitif + gakk fokus
2. Sakit tenggorokan + demam
3. Moody, sedih, ato gak punya motivasi
4. Kulit pucat + pusing
Bisa jadi karena…
1. Gak cukup tidur
2. Mononucleosis
3. Depresi
4. Kekurangan zat besi, Anemia
Yang harus kamu lakukan..
  1. Tubuh butuh tidur 9 jam, latih untuk bangun dan tidur pada jam yang sama sehingga dapetin istirahat yang berkualitas.
  2. Kalau tenggorokan mudah sakit , cek ke dokter soalnya MONONUCLEOSIS itu adalah virus yang menginfeksi kelenjar getah bening.
  3. Sesekali merasa sedih itu wajar, tapi kalau sampe kehilangan napsu makan cek ke dokter. Terapi dan Meditasi bisa membantu.
  4. Pola makan dengan sedikit zat besi akan membuat sirkulasi oksigen dalam tubuh terhambat dan tubuh terasa capek! konsumsi vitamin zat besi, plus daging merah dan kacang2an.
Step 2
Singkirkan BAD habits!
  • KEBANYAKAN TIDUR tidur memang berguna untuk memperbaiki sel tubuh yang rusak. tapi jarang melatih otot dan kemampuan otak bisa bikin kamu merasa capek. Bangun tidur bukannya jadi seger, tapi malah lemes seharian.
  • JUNK FOOD makanan gorengan bikin tubuh kamu perlu waktu dan energi ekstra buat mencernanya. sedangkan buah , sayuran dan gandum justru memberikan energi.
  • MARATON FILM sambil nonton TV, lakukan lompat tali selagi tayangan iklan komersial buat meningkatkan energi. soalnya, duduk diam bikin kamu terus terjaga walau sudah waktunya tidur.
  • KURANG MINUM peran air buat tubuh sangat vital. dari tugasnya yang mengangkut vitamin plus oksigen ke sel-sel tubuh sampai melumasi persendian tulang sebagai kerangka tubuh yang bikin kamu bisa bergerak bebas. lagipula, air juga berfungsi membantu metabolisme lemak dalam tubuh. yang artinya, juga membantu menurunkan berat badan. tunggu apa lagi? rajin minum mulai sekarang, yuk!!
Step 3
JUST RELAX!
Soalnya saat stress tubuh melepaskan hormon yang bikin kamu merasa capek, cepet marah, dan susah buat fokus. riset jg mengatakan, mereka yang punya tingkat stress lebih tinggi lebih sering terkena demam. wah, jauh2 deh dari stress!
Cara kilat untuk RILEKS
  1. Create privacy. tutup pintu kamar, matikan instant mesanger dan juga HP kamu supaya bisa istirahat tanpa gangguan.
  2. Find your release. pilih aktivitas yang bukan tugas harian, yang bikin kamu merasa santai seperti mendengarkan musik, maen bareng hewan peliharaan. pilih yang pas buat kamu. pasti mood kamu baik!
  3. Set an alarm. Dengan cara ini, kamu gak harus melihat jam buat tahu kapan waktu istirahat singkatmu berakhir.
Step 4
Makanan sehat
  • Makanan pengusir lelah! kacang-kacangan, bayam, tuna, stroberi, nanas, susu rendah lemak yang kaya vitamin C.
  • Makanan peningkat mood! ikan,kerang,daging sapi, daging ayam, telor, tahu, tempe , yogurt yang tinggi kandungan proteinnya.
  • Makanan pengusir rasa cemas! ikan salmon, tuna, karamel, gandum, beras merah, kentang, buah-buahan, brokoli, labu, kacang-kacangan.

Artikel Terkait


Category Article

What's on Your Mind...