Cara Merawat Kemaluan Bayi Perempuan


Jakarta, Sama seperti orang dewasa, vagina anak rentan terhadap rasa gatal, iritasi atau bahkan infeksi. Tantangan sebagai seorang ibu yang memiliki anak perempuan adalah untuk mencari tahu bagaimana mencegah dan mengatasinya ketika anak mengalami masalah dengan vaginanya.

Berikut 6 tips untuk menjaga vagina balita Anda agar tetap sehat, seperti dilansir dari whattoexpect, Senin (21/5/2012) antara lain:

1. Usap dengan cara yang benar

Ketika Anda mengganti popok, selalu bersihkan vagina balita Anda dari arah depan ke belakang untuk menghindari penyebaran bakteri yang dapat menyebabkan infeksi.

2. Periksa celah-celah

Jika Anda akan mengganti popok balita Anda setelah buang besar, jangan lupa bersihkan celah-celah di sekitar vagina dan vulva anak Anda.

Tidak perlu untuk menghapus debit keputihan dalam vulva karena itu sangat normal. Tapi jika debit ini tiba-tiba mengalami perubahan jumlah, warna, atau bau maka periksakan anak Anda ke dokter.

3. Jangan menggunakan produk yang memungkinkan iritasi pada vagina

Penggunaan wewangian beralkohol, minyak, tisu, lotion, dan krim meningkatkan risiko iritasi vagina pada anak.

Jangan membuat anak Anda mandi busa karena dapat mengiritasi dan bahkan menyebabkan infeksi saluran kemih.

4. Jangan membiarkan anak Anda berlama-lama di bak mandi dengan air bekas sabun

Banyak balita suka menghabiskan waktu di bak mandi karena menyenangkan. Jangan biarkan anak Anda duduk di dalam bak mandi dengan air yang telah kotor oleh busa sampo dan sabun yang berpotensi menyebabkan iritasi.

Setelah selesai mandi, cucilah vagina anak Anda dan bilas dengan air bersih, gunakan waslap untuk menghilangkan semua sisa sabun.

5. Jaga kelembaban vagina anak Anda

Jangan membiarkan popok atau pakaian anak dengan kondisi basah atau lembab karena dapat mengiritasi kulit sensitif di sekitar vagina. Pilihlah pakaian anak yang terbuat dari kain yang menyerap keringat karena keringat yang tertahan di area vagina juga dapat menyebabkan iritasi.

6. Periksakan kondisi vagina anak yang tidak sehat
Jika anak Anda tampak kesakitan setelah buang air kecil atau area vaginanya tampak merah, mungkin anak Anda menderita peradangan pada vagina atau vulva, yang disebut vaginitis, segera periksakan kondisi anak Anda tersebut ke dokter.

semoga bermanfaat . . .

Artikel Terkait


Category Article

What's on Your Mind...